Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Atasi Sampah, Adakan Lomba Kebersihan Antar Kampung

Rabu, 11 September 2019 | 7:09 PM WIB Last Updated 2019-09-11T11:09:20Z
Ilustrasi gambar lomba kebersihan lingkungan
Dompu, Lensa Pos NTB - Sampah, selalu menjadi persoalan di mana-mana. Tak terkecuali di Bumi Nggahi Rawi Pahu Kabupaten Dompu.

Instansi terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu yang mendapatkan wewenang untuk menangani persampahan di Kabupaten Dompu terus berbuat untuk mewujudkan Dompu yang bersih terbebas dari sampah sesuai dengan program "Zero Waste" yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB dengan kemampuan sarana dan prasarana serta petugas yang dimiliki. 

Tetapi faktanya sampah masih menjadi persoalan serius di daerah ini. Terutama sampah di pasar.

Menanggapi pemberitaan media ini berjudul "Andi Hermawan : Pemerintah Dompu Tidak Serius Urus Pasar dan Sampah" yang diunggah di facebook, salah satu tokoh wanita, Ir. Nurhaidah angkat bicara.

Dikemukakan budayawan ini permasalahan utama terjadinya problema tentang sampah karena  tidak ada kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

"Bagaimana supaya sadar ? Nah ini yang harus dicari jalan keluarnya.  Kebiasaan itu harus dipaksakan. Terbiasa bersih,  maka secara otomatis akan membuang sampah pada tempatnya," ujarnya.

Menurutnya perlu dicarikan solusi untuk mengatasi persoalan sampah pasar ini.

Salah satu solusi yang ia tawarkan adalah pemerintah harus melaksanakan lomba kebersihan antar kampung seperti yang dilakukan pada masa lalu. Pemenang lomba di setiap desa  selanjutnya akan diikutkan lomba ke tingkat kecamatan, lalu ke tingkat kabupaten, dan seterusnya.

"Mungkin dengan mengadakan Lomba Kebersihan Antar Kampung akan bisa membiasakan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan," usulnya. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update