Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Upacara Hari Pramuka ke 58 di Tanju, Ini Amanat Pembina

Kamis, 15 Agustus 2019 | 4:27 AM WIB Last Updated 2019-08-14T22:07:25Z
Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin Pembina Upacara Hari Pramuka ke 58 di Kawasan Dam Tanju Manggelewa, Rabu (14/8/2019)
 Dompu, Lensa Pos NTB -  Upacara Hari Pramuka ke 58 di Kabupaten Dompu NTB dilaksanakan di area Dam Tanju Drsa Tanju Kecamatan Manggelewa pada Rabu (14/8/2019).

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kabupaten Dompu bertindak sebagai Pembina Upacara.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan penuh khidmat dan semarak karena dihadiri oleh anggota Pramuka di antaranya dari Saka Kencana, Saka Wira Kartika maupun Saka Bhayangkara dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Dompu maupun dari Kwartir Ranting (Kwaran) di beberapa kecamatan dan Gugus Depan (Gudep) Manggelewa dan Kempo.

Bupati dalam sambutannya mengemukakan perlu ada lahan khusus sebagai Bumi Perkemahan Tingkat Kabupaten. Untuk itu Pemda Dompu sedang menyiapkan lahan  di sekitar Kawasan So Ncando. 
Diungkapkan Bupati dengan Pramuka bisa ditanamkan nilai-nilai Luhur Bangsa yang tertuang di dalam nilai-nilai luhur Pancasila (Eka Prasetya Pancakarsa). 

Dikemukakan Bupati Pramuka adalah Institusi/Lembaga yang independen, tidak boleh  berpolitik atau menunjukkan dukungannya kepada siapapun. "Pembina dan Pengurus Pramuka adalah Suka dan Rela," ujarnya.

Selanjutnya Bupati berharap agar Pramuka bisa memikirkan pemanfaatan air Dam Tanju. Pramuka Sebagai Generasi Bangsa harus mampu mengadopsi Iptek dan menguasai Informasi dan Teknologi (IT). 



Lebih lanjut Bupati menegaskan kegiatan ini hendaknya dapat dijadikan moment penting dan bermakna bagi segenap insan Pramuka yang ada di daerah ini, untuk dapat merefleksikan diri dengan berbagai kemajuan dan perubahan yang telah diraih, dan dapat mengevaluasi berbagai kekurangan dan kelemahan yang ada. Dengan demikian insan Pramuka di Kabupaten Dompu dapat terus berkontribusi yang maksimal bagi kemajuan dan perubahan Kabupaten Dompu ke arah yang lebih baik.

HBY berharap agar para tunas muda daerah ini dapat meningkatkan visinya dan mengembangkan kreativitasnya serta dapat membangun inovasinya untuk memanfaatkan Mega Proyek Bendungan tersebut untuk kesejahteraan dan kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Dompu khususnya, Provinsi NTB dan Indonesia pada umumnya.

Diakuinya akhir-akhir ini banyak tunas muda daerah yang telah menunjukan kemampuan dan keunggulannya di berbagai bidang dan cukup membanggakan. 
"Kita semua berharap melalui wadah Pramuka, para Tunas Muda Kabupaten Dompu, terus dapat memainkan peran yang penting untuk dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, di tengah persaingan global yang kompetitif saat ini, yaitu dengan terus mengasah kemampuannya, sehingga SDM-nya terus meningkat. SDM Unggul Indonesia Maju" harapnya.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan tunas muda sebagai elemen penting yang ada di  Bumi Nggahi Rawi Pahu, agar terus maju dan mengembangkan diri sehingga daerah dan bangsa mengalami kejayaan dan kemajuan.


Pengurus Kwarcab Kabupaten Dompu, Wahyuddin, SH mengemukakan  peserta upacara sekitar 1.400 orang dan pelaksanaan  Upacara Hari pramuka ke 58 ini dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Kwarcab Dompu dan pengurus Kwaran Manggelewa dan Kempo.
Memperingati Hari Pramuka ke 58 ini juga dilakukan perkemahan di Kwaran Hu'u selama 3 hari yaitu tanggal 12-14 Agustus 2019, di Kwaran Pekat tanggal 11-14 Agustus, Kwaran Manggelewa dan Kilo diremcanakan 19-22 Agustus, Kwaran Kempo 22-25 Agustus. "Untuk  Dompu, Woja dan Pajo akan digabung bulan September jadwal belum ditentukan," tutur Wahyu.

Sementara itu, Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabi Saka) Kencana  Kwartir Ranting (Kwaran) Manggelewa, M. Irianto berterima kasih atas pelaksanaan Upacara Hari Pramuka ke 58 Tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di kawasan Bendungan Tanju. Menurutnya hal itu sangat memotivasi anak-anak Manggelewa untuk bergabung dalam kegiatan kepramukaan sebagai wadah yang tepat untuk penanaman nilai-nilai luhur Pancasila dan karakter bangsa Indonesia. (AMIN)




×
Berita Terbaru Update