Mengenal Metode Hitung Cepat Metris Parsial (2-bersambung)

Kategori Berita

.

Mengenal Metode Hitung Cepat Metris Parsial (2-bersambung)

Koran lensa pos
Jumat, 02 Agustus 2019

Sejarah Penemuan Metode Metris Parsial
Muchamad Hamam, Penemu Metode Hitung Cepat Metris Parsial



Metode hitung cepat Matematika Metris parsial ditemukan oleh Muchamad Hamam, pria kelahiran Klaten-Jawa Tengah 26 Desember 1967. Bagaimanakah sejarah penemuan metode ini ? Berikut penuturannya kepada lensaposntb.com.

"Saya menemukan metode metris parsial karena terinspirasi oleh Majalah MOP (Majalah Pelajar Jawa Tengah) waktu itu. Siapa yang mengirimkan naskah di rubrik "REKREASI MATEMATIKA" akan dapat imbalan. Sehingga saya sering mencoba otak-atik angka & menemukan 1 (satu) formula dan terus bercabang sehingga menjadi banyak. Waktu itu saya masih duduk di bangku SMA tahun 1988," ungkap pria yang bercita-cita keliling dunia ini.
buku Perdana Muchamad Hamam tentang Metode Metris Parsial yang
terbit tahun 2013
Ia mengatakan metode praktis yang ditemukannya ini sempat 'membeku' dalam waktu yang cukup lama karena adanya informasi 'sesat' yang mengatakan bahwa di Indonesia mencari hak cipta  itu sulit karena saat itu belum ada internet. "Hal inilah yang membuat saya hampir putus asa sehingga mulai 1996 sampai dengan Maret 2012 Metris Parsial sedikitpun tak tersentuh," ungkapnya.

Pada bulan Maret 2012 ia menyempatkan membeli netbook dan modem, menyempatkan untuk mencari informasi di internet. "Ternyata mencari hak cipta di Indonesia itu sangatlah mudah jadi bertolakbelakang dari informasi selama ini," tuturnya. Mulai saat itu Hamam tergugah kembali membongkar file-file lama meski sebagian telah hilang.  Ia mengutak-atik kembali akhirnya ditemukan juga dan ada banyak formula-formula baru yang saya temukan yang bersifat lebih universal. 

"Selama 10 bulan saya menyusun buku. Setelah jadi saya mohonkan hak ciptanya. Saat itu metode saya blm ada namanya. Nama itu muncul sebelum permohonan hak cipta yang ke-3," ucapnya seraya menyebut ada 3 (tiga) Sertifikat Hak Cipta yang telah diterimanya dari DJHKI RI, yaitu Nomor Pendaftaran 064892, tertanggal 05 November 2012; Nomor Pendaftaran 069920, tertanggal 18 Agustus 2014; dan Nomor Pendaftaran 079315, tertanggal 28 April 2012. 

Adapun judul buku perdana yang ia tulis berjudul : Metode Penyelesaian Berbagai Operasi Bilangan Menggunakan Nilai Remin, Suwin dan Tropin Bilangan (Kaidah Muhamam) diterbitkan oleh Penerbit FAM Publishing Pare, Kediri bulan Juli 2013. (Bersambung)