UPT Puskesmas Lambu Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Kesehatan Tradisional

Kategori Berita

.

UPT Puskesmas Lambu Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Kesehatan Tradisional

Koran lensa pos
Sabtu, 27 Juli 2019

Bima, Lensa Pos NTB - Dinas kesehatan kabupaten Bima melalui UPT Puskesmas Lambu mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tradisional di Desa Sangga Kecamatan Lambu, Kamis (25/07/2019).

Kades Sangga, Syamsudin S. Sos, mengatensi kegiatan yang di adakan UPT Puskesmas sebagai upaya sadar dalam memberikan  pemahaman tentang hidup sehat dan manfaat obat tradisional. Untuk seluruh tamu undangan, Ibu penggerak PKK, BPD, kader posyandu, RT/ RW, Toga, dan Toma, setelah ini kemudian harus mensosialisasikan kepada masyarakat lainnya, jangan hanya sampai disini guna semua mendapatkan manfaat. Tutupnya saat memberikan sambutan.

Kepala Puskesmas Lambu yang diwakili Lukman S. Kep  menjelaskan kegiatan ini dilakukan diseluruh Desa di Kecamatan Lambu secara bertahap, sasarannya kader posyandu, tim penggerak PKK desa, Bidan desa, ketua RT/RW, Toma dan Toga. Kami berharap kepada masyarakat bisa melakukan perubahan dan membuka wawasan tentang arti pentingnya menjaga kesehatan dengan memanfaatkan sumber daya alam seperti  pekarangan rumah (Taman Obat Keluarga ) di  sekitar sebagai obat-obatan tradisional penunjang kesehatan serta meningkatkan pendayagunaan pengobatan tradisional baik secara individu, keluarga, kelompok dan masyarakat umum, Jelasnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Lukman, S.Kep sekaligus penanggung jawab program kesehatan tradisional puskesmas lambu menekankan bahwa kelompok asuhan mandiri taman obat keluarga dan akupresur desa montabaru Kecamatan Lambu sudah meraih juara 1 tingkat Kabupaten Bima,  juara 1 tingkat  Provinsi NTB, sekaligus menjadi duta Provinsi NTB ke tingkat Nasional yang Insya Allah akan dinilai awal bulan agustus 2019. Ini semua berkat Allah Swt dan kerjasama seluruh lintas sektor terkait serta lapisan masyarakat, prestasi saya pernah menjadi paramedis teladan tingkat Kabupaten Bima tahun 2001. tutupnya. Dari awal hingga akhir acara, terlihat Mahasiswa KKN STISIP juga turut membantu kelancaran kegiatan tersebut. (Irull)