Aksi Berujung Anarkis, Kapolres Bima Kota Mediasi FWB Dengan Pemerintah

Kategori Berita

.

Aksi Berujung Anarkis, Kapolres Bima Kota Mediasi FWB Dengan Pemerintah

Koran lensa pos
Kamis, 04 Juli 2019
Kapolres Bima Kota Pose bersama Massa Pendemo Usai Aksi 
Bima, Lensa Pos NTB – Unjuk rasa masyarakat Kecamatan Wera Kabupaten Bima NTB yang tergabung dalam Front Wera Bersatu (FWB) berujung anarkis. Mereka menuntut Pemerintah Provinsi NTB maupun Pemerintah Kabupaten Bima segera merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Wera karena dinilai rusak parah. Aksi massa yang berjumlah 250 orang tersebut terkonsentrasi di depan Kantor Camat Wera Desa Tawali, rabu (3/7/2019) pukul 09.00 wita. Massa aksi dari FWB telah berkumpul di Dusun Oitui, Desa Oitui Kecamatan Wera dengan menggunakan delapan mobil pick up, dan selaku Korlap an. Jaenudin Mahasiswa STIH Bima dan Jenlap an. Fahrir Ketua KNPI Kecamatan Wera.

Dalam orasinya, massa aksi menuntut agar pengerjaan insfratruktur jalan harus segera dikerjakan pada tahun 2019 ini, menurut mereka selama 19 tahun jalan tersebut tidak pernah berubah atau diperbaiki, kami sudah melakukan aksi sebanyak 3 kali dengan hati nurani kami sendiri, tidak ada kepentingan politik atau kepentingan apapun dibalik semua ini, tegasnya. Jikalau pemerintah tidak menurunkan alat berat hari ini maka kami akan meduduki Kantor Camat ini, karena pemerintah kecamatan Wera selama ini kami nilai tidak pernah mementingkan kepentingan rakyat. Kami meminta kepada Bapak Camat Wera yang terhormat untuk Mendesak Bupati Bima agar segera berkomunikasi dengan Gubernur jikalau Bupati Bima tidak hadir pada saat aksi ini maka kami tidak akan mundur dari Kantor Camat ini, tegasnya dalam orasi.   

Melihat Kondisi ini mengharuskan Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH langsung turun ke lokasi. Meski sebelumnya terjadi ketegangan, bahkan sempat terjadi aksi anarkis dengan melempar Kantor Camat Wera, namun insiden ini mampu diredam Pihak Kepolisian yang dipimpin Kapolres Bima Kota.

Dihadapan ratusan massa aksi, Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH yang didampingi Kabag Ops. Kompol Tauhid, SH, Kasat Sabhara IPTU Sirajudin, Kasat Intelkam IPTU M.Ananda, S.Kom dan Kapolsek Wera IPDA Rejoice B.M, S.Tr.K. berjanji akan menyampaikan keluhan dan aspirasi masyarakat ini kepada Pemerintah Kabupaten Bima khususnya Bupati Bima.  Kapolres juga menyarankan silahkan untuk melaksanakan aksi demonstrasi, namun perlu saya ingatkan, ujar Kapolres, untuk tidak melakukan anarkis, karena dengan anarkis justru akan merugikan diri sendiri dan akan merusak fasilitas negara yang ada, harap Kapolres.

Setelah beberapa saat Kapolres Bima Kota memberikan penjelasan kepada masyarakat Pendemo, akhirnya masyarakat yang tergabung dalam Front Wera Bersatu (FWB) membubarkan diri. Hingga pukul 17.25 wita seluruh rangkaian aksi unjuk rasa berakhir dengan lancar, serta dilakukan pengamanan oleh 1 Peleton Dalmas, 1 Unit Pers Polsek Wera, 1 Unit Pers Sat Intelkam Polres Bima Kota yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bima Kota Kompol Tauhid, S.H. (SUKUR)