Penampilan Hebat Para Siswa Semarakkan Wisuda Alumni XXIX MTsN 1 Dompu

Kategori Berita

.

Penampilan Hebat Para Siswa Semarakkan Wisuda Alumni XXIX MTsN 1 Dompu

Koran lensa pos
Sabtu, 04 Mei 2019

Dompu, Lensa Pos NTB - Madrasah Tsanawiyah Negeri  (MTsN) 1 Dompu, Sabtu (4/5) menggelar acara wisuda bagi 142 alumni Angkatan ke 29 di madrasah tersebut.
Kegiatan yang berlangsung di halaman madrasah dan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si dan Ketua Kelompok Kerja Pengawas  (Pokjawas), Drs. Tirmizi
tersebut berlangsung dengan cukup semarak.
Sebelum prosesi wisuda dilaksanakan para wali murid yang menghadiri kegiatan tersebut disuguhi dengan sejumlah penampilan yang istimewa dari para siswa sendiri.
Di antaranya haflah Al-Qur'an, atraksi bela diri, dan tarian.
Usai pengukuhan bagi 142 alumni yang diwisuda itu dilanjutkan pula dengan penampilan vokal grup oleh beberapa siswa dan siswi. Acara dilanjutkan dengan aksi lincah Risjal dan Anshari, 2 siswa asuhan guru Seni Budaya Andi Pranyoto, S. Pd membuat sketsa gambar Kepala Madrasah Ilham Usman. Menariknya ratusan siswa dan hadirin yang menyaksikan langsung proses pembuatan sketsa gambar tersebut masih menebak-nebak wajah siapakah yang dibuatkan sketsa oleh kedua siswa tersebut. Sekitar 3 menit kemudian baru terjawab bahwa pemilik sketsa wajah itu adalah Kepala Madrasah Ilham Usman, M. Si yang turut kaget bercampur kagum menyaksikan hal itu. Kepada kedua siswa itu Kamad memberikan hadiah langsung masing-masing selembar uang seratus ribuan.

Persembahan drama oleh para siswa asuhan sang guru Andi Pranyoto juga menarik perhatian hadirin.
Drama berjudul "Mengapa Tuan Berubah" itu mengisahkan seorang pria yang dikenal komunikatif dan humoris tiba-tiba jadi pendiam. Perubahan sikap itu mengakibatkan istri, anak bahkan para pembantunya bingung. Apa yang terjadi sehingga si tuan berubah sikap ? Mereka berusaha mencari tahu motif di balik keanehan ini. Namun mereka tak menemukan jawabannya. Di penggalan akhir drama baru diketahui bahwa penyebab terjadinya perubahan sikap sang tuan karena sakit gigi. Para pemeran dalam drama ini nampaknya bisa menghayati peran masing-masing sehingga drama tersebut enak ditonton. Ada bagian lucu, sedih dan gembira.  Drama ini mengandung nilai pelajaran pentingnya komunikasi di dalam sebuah rumah tangga.
Dalam acara wisuda ini juga dipamerkan hasil karya para siswa dalam mata pelajaran Prakarya. Berupa kaligrafi, kotak tisu, wadah pulpen dan lainnya.


Tiga alumni yakni Islatul Faukiyah, Magfiratun Nisa dan Cahya Apriliani dalam penyampaian kesan dan pesannya menggunakan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala madrasah dan para guru dan TU atas binaan dan didikan yang telah diberikan kepada mereka selama menempuh pendidikan di madrasah tersebut.
"Kami bahagia bisa menempuh pendidikan di sini. Banyak hal yang kami peroleh selama menempuh pendidikan di sini.Terima kasih kami ucapkan," kata ketiganya.
Mereka juga berpesan kepada adik-adik kelas agar bersabar di dalam mencari ilmu dan agar selalu menghormati dan menghargai guru.
 Pada kesempatan tersebut, 13 orang siswa-siswi yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik mendapatkan penghargaan dari Bank BNI Cabang Dompu dan dari madrasah. (AMIN)